Categories
Update Berita

Gowes Bareng Karyawan Bank GAR di Masa Pandemi

Seluruh karyawan Bank GAR melakukan gowes bareng, Sabtu, 13 Februari 2021 yang lalu. Kegiatan menarik ini menempuh jarak sejauh 8 km, dengan start dari Tugu, Yogyakarta menuju kawasan Njongke, Sleman.

Menurut Komisaris Utama, Drs. H. Suhartono, MM merasa gembira dengan diadakannya kegiataan gowes bareng ini. Menurutnya selain sebagai ajang rekreasi, kegiatan ini juga dapat menigkatkan kebugaran tubuh, terutama di tengah masa pandemi seperti saat ini. “Semoga ini bisa jadi agenda rutin Bank GAR,” katanya.

Kegiatan ini merupakan upaya Bank GAR untuk menjalin silaturahmi sesama karyawan. Selain itu, kegiatan tersebut juga untuk mensosialisasikan Bank GAR kepada masyarakat Yogyakarta.

Categories
Update Berita

Bank GAR Rayakan HUT ke-12 Tumbuh dan Berkembang di Masa Pandemi

Yogyakarta–Pada hari Selasa, 9 Februari 2021 yang lalu, PT BPR Gampingartha Raya merayakan ulang tahun ke-12. Dalam perayaan ini dilakukan secara sederhana di tengah pandemi ini, diharapkan mampu memberikan vibrasi positif dan semangat dalam masa sulit ini.

Didalam masa pandemi ini, dan pengaruh anjloknya pariwisata Yogyakarta, menurutnya tidak menyurutkan semangat juangnya dan upaya dalam membantu nasabah.

Bank GAR pun membantu nasabah yang kesusahan dengan relaksasi dan restrukturisasi kredit. Pola perpanjangan tenor dan relaksasi suku bunga diharapkan dapat membantu nasabah dan meringankan beban di tengah masa sulit ini.

Tidak hanya melayani kredit, tabungan dan deposito saja. Bank GAR juga melayani pembayaran listrik, telepon dan lain-lain.

“Kami senantiasa melakukan koordinasi dengan cepat atas masalah terutama layanan kepada nasabah. Jangan sampai menunda masalah atau informasi apapun terkait nasabah. Sehingga bisa menimbulkan risiko operasional dan reputasi,” ungkap Dra. Windri Astuti disela-sela syukuran HUT ke-12 Bank GAR.

Tambahnya, di sisi lain, pihaknya tetap mengutamakan budaya kerja dan memutus mata rantai penyebaran Covid-19 sesuai protokol kesehatan.

Nah buat masyarakat Yogyakarta yang ingin mengembangkan usaha atau keperluan bisa mengajukan kredit di Bank GAR. Tentunya dengan proses mudah dan cicilan ringan. Untuk info lengkap bisa WA 081380327899.






Categories
Update Berita

Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Berhasil Memasarkan Produk Lokal

Untuk bisa mengangkat produk lokal ke jangkauan pasar yang lebih luas, para pelaku usaha dituntut untuk bisa lebih aktif lagi dalam membangun strategi agar penjualannya bisa lebih meningkat.

Beberapa hal yang harus diperhatikan agar bisa memasarkan produk lokal. Pertama, adalah kita harus tahu produk apa yang kita punya. Dalam hal ini kita dituntut bukan hanya sekadar tahu saja tapi kenal dengan produk yang kita punya.

Mengenali produk yang dijual secara detail sangat dibutuhkan. Sebab dengan mengetahui detail produk apa yang bakal dijual, bisa menentukan cara apa yang tepat untuk diaplikasikan.

Lalu yang kedua adalah mengenali target market. Sejauh ini banyak sekali para pengusaha yang tidak tahu siapa target marketnya yang menyebabkan produk yang dijual tidak dibutuhkan pasar. Makanya perlu mengenali target market kita.

Bagaimana cara mengetahuinya? Dengan membuat riset pasar. Riset sedetail mungkin, di daerah atau di pasar tersebut, produk apa yang sedang dibutuhkan dan mana yang tidak.

Ketiga adalah cara mengkomunikasikan. Ada banyak cara mengkomunikasikan tentang apa yang dijual. Apalagi saat ini, sudah banyak platform yang bisa digunakan untuk mengkomunikasikan alias mempromosikan. Mulai dari sosial media, platform e-commerce atau bahkan memakai jasa influencer bisa kita manfaatkan biar produk kita dikenal lagi.

Namun lebih dari itu, kata dia, hal yang perlu dilakukan adalah realisasi. Pelaku usaha mau tak mau harus mengeksekusi perencanaan yang sudah dibuat.

Categories
Update Berita

Lima Skill yang Dibutuhkan di Tahun 2021

Tahun 2021 sudah di depan mata, apakah kamu salah satu fresh graduated yang siap kerja di tahun ini? atau kalian yang sedang semangat-semangatnya membangun dan mengembangkan karir di tahun 2021?

Salah satu yang paling penting untuk diketahui para talent saat ini adalah harus benar-benar tahu dan dapat membaca bagaimana peluang karir yang dimilikinya. Salah satunya adalah dengan mengetahui perkembangan dalam dunia pekerjaan seperti kebutuhan tenaga kerja atau skill apa yang paling banyak dibutuhkan perusahaan saat ini.

Ini berguna agar para job seeker mampu mengupgrade dirinya agar terus berkembang dalam membangun karirnya. Memasuki 2021 ini tentu saja skill-skill yang dibutuhkan banyak perusahaan lambat laun akan berubah sedikit demi sedikit dari tahun ke tahun.

Lantas apa saja sih skill yang sebenarnya banyak dibutuhkan para perusahaan khususnya tahun 2021 nanti?

Apa Saja Skill Paling Dicari Perusahaan Tahun 2021?

Copy dan Content Writing

Salah satu skill yang masih populer dan dibutuhkan hingga tahun 2021 adalah mengenai segala skill yang berhubungan dengan profesi kreatif. Salah satunya adalah copywriting dan content writing.

Sejak beberapa tahun belakangan ini, dua skill ini benar-benar banyak dibutuhkan perusahaan. Oh ya, copywriting dan content writing berbeda ya sobat Bizlab, mereka sama sama bergerak di bidang penulisan tapi memiliki jenis yang berbeda.

Copy lebih banyak bergerak di bidang periklanan sedangkan content mengarah pada pembuatan berbagai artikel media, atau website perusahaan.

Desain Grafis

Sama seperti profesi kepenulisan, desain grafis termasuk skill kreatif yang banyak dibutuhkan berbagai perusahaan di bidang apapun. Kebutuhan visual yang menarik merupakan bagian dari aspek utama sebuah perusahaan.

Contoh saja yang saat ini banyak populer adalah mengenai desain produk, ilustrasi, dan bidang desain grafis lainnya.

Software Engineer

Semakin pesatnya perkembangan dunia cyber membuat munculnya berbagai profesi dan skill yang berkaitan dengan bidang IT. Salah satunya skill yang paling banyak dicari dan dibutuhkan banyak perusahaan dunia adalah mengenai bidang IT.

Hingga saat ini dan diperkirakan di tahun-tahun selanjutnya, skill software engineer sudah pasti banyak dicari berbagai perusahaan Indonesia hingga mancanegara.

Beberapa profesi populer saat ini yang banyak dicari adalah seperti software development, data science, dan cyber security.

Artificial Intelligence (AI)

Sempat nonton drama Korea berjudul Start Up yang baru baru ini usai tayang? Yah jika salah satu dari kamu penggemar drama ini mungkin sudah tak asing lagi dengan istilah Artificial Intelligence atau biasanya disingkat (AI).

AI merupakan program yang dapat melakukan tugas-tugas seperti pengenalan gambar, ucapan, wajah. AI dapat bekerja dan melakukan tugas-tugasnya lebih akurat daripada manusia.

Maka dari itu skill ini diperkirakan hingga tahun 2025 masih terus akan dicari banyak perusahaan.

Digital Marketing

Saat ini kita sudah dilibatkan dengan segala hal apapun yang berkaitan dengan digital. Tak terkecuali dengan segala bisnis yang sudah mengarah memasarkan pada dunia cyber. Maka dari itu, saat ini muncul yang dinamakan profesi sebagai digital marketer yang banyak dicari banyak perusahaan.

Skill digital marketing ini juga bisa kamu pelajari di berbagai platform belajar online lo sobat Bizlab. Salah satu hal yang berkaitan dengan digital marketing adalah mengetahui dan paham akan teknik SEO (search engine optimization), google analytics, dan berbagai aspek analisis digital marketing lainnya.

Itulah beberapa skill yang banyak dicari dan dibutuhkan perusahaan pada tahun 2021 mendatang hingga seterusnya.

Nah buat kamu, agar karir mu semakin berkembang kamu juga harus terus mempelajari skill baru seperti beberapa skill di atas.

Categories
Update Berita

Begini Cara Belanja Efektif dan Hemat Saat Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia telah memengaruhi segala aspek kehidupan. Tidak hanya kesehatan dan ekonomi, tetapi juga perilaku masyarakat dalam berbelanja.

Dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (14/4/2020), Investment Specialist Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Dimas Ardinugraha mengatakan, adanya work from home (WFH) membuat pos pengeluaran berkurang, salah satunya dana transportasi. Kemudian, ditambah adanya kelebihan waktu, pengelolaan uang secara tidak baik dapat membuat orang lebih konsumtif, misalnya saja pembelian barang-barang yang bukan kebutuhan utama.

Untuk itu, Dimas pun menyarankan setiap orang agar memikirkan apa yang terjadi dengan keuangan keluarga pascapandemi dan mengatur lagi dana darurat.

Senada dengan Dimas, financial planner Finansialku.com Widya Yuliarti seperti dilansir Kompas.com, Selasa (31/3/2020) menyarankan, agar mendahulukan kebutuhan dasar selama wabah penyakit ini belum usai. Bahkan, dia juga menyarankan agar masyarakat sebaiknya mengurangi atau menghapus biaya entertainment dan belanja barang konsumtif.

Maka dari itu, pengelolaan keuangan sangat penting, terutama di tingkat rumah tangga. Pasalnya, Covid-19 sebagian besar berdampak pada ekonomi keluarga. Lantas, bagaimana caranya? Berikut beberapa cara mengatur alokasi belanja kebutuhan sehari-hari agar tetap efektif dan efisien pada masa pandemi Covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru (AKB):

Atur Pola Makan

Belanja makanan jadi salah satu yang utama dalam pos pengeluaran. Dalam hal ini, cermati apa saja yang biasa dikonsumsi keluarga. Kenali pula porsi keluarga guna menentukan pengaturan jangka panjang.

Membeli makanan berlebih dan tidak dikonsumsi sama saja dengan pemborosan. Biasakan keluarga untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Upaya menjaga kesehatan seperti ini sangat penting dilakukan di masa pandemi. Kurangi pula konsumsi jajanan makanan-minuman yang tidak terlalu penting, seperti kopi cantik.

Selain membantu upaya berhemat, cara ini menjadi langkah hidup sehat karena terhindar dari konsumsi gula atau karbohidrat berlebih.

Sisihkan Dana Darurat

Setelah belanja utama terpenuhi, cara berhemat yang tidak bisa ditawar adalah menabung atau menyisihkan dana darurat. Dana itu berguna apabila sewaktu-waktu dampak pandemi memengaruhi penghasilan.

Apalagi, tidak ada yang tahu kapan situasi di luar normal seperti sekarang ini akan berakhir. Salah satu metode menabung yang bisa dicoba adalah Kakeibo ala Jepang.

Dengan metode ini, bapak atau ibu rumah tangga menulis buku rumah tangga. Di dalamnya, terdapat empat poin penting, yaitu berapa banyak uang yang dipunya, berapa yang ingin ditabung, berapa pengeluaran hari ini, dan bagaimana cara mengimprovisasi keuangan.

Manfaatkan Promo

Transaksi digital juga efektif untuk mencari promo menarik, sehingga menjadi alternatif belanja hemat keluarga. ShopeePay, misalnya, memiliki campaign melalui kerja sama dengan partner yang dapat berbuah promo atau cashback. Seperti dilaporkan Kompas.com, Rabu (3/6/2020), Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan mengatakan, langkah ini merupakan upaya ShopeePay untuk menciptakan efektivitas dan kemudahan saat bertransaksi pemesanan kebutuhan sehari-hari. “Ini juga merupakan andil dalam menghindari kontak fisik dengan pembayaran tunai, guna menekan penyebaran Covid-19,” imbuh dia.

Categories
Update Berita

Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Penghujan Saat Pandemi

Aktivitas semua orang menjadi terbatas dan harus melaksanakan stay at home demi memutus rantai penyebaran virus Covid-19, apalagi musim penghujan sudah mulai terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia, maka semakin kecil kemungkinan untuk melakukan aktivitas di luar.

Di era pandemi Covid-19 seperti saat ini, musim hujan tidak terlihat seperti sebuah perkara yang besar. Padahal, banyak masalah kesehatan yang dapat timbul apabila kita tidak menjaga kesehatan meskipun tidak bepergian. Jika sebelumnya tren bersepeda, senam, serta melakukan latihan fisik diluar lainnya banyak dilakukan guna menjaga kesehatan selama pandemi, saat ini hal tersebut terpaksa tidak dapat dilakukan.

Sinar matahari pagi yang mengandung vitamin D pun sulit didapatkan. Akibatnya, imunitas tubuh harus diperhatikan sebelum tubuh menjadi tidak fit dan mudah terinfeksi virus. Untuk itu, lakukan tips berikut untuk menjaga kesehatan tubuh :

1. Mengonsumsi vitamin. Vitamin terbaik untuk menjaga daya tahan tubuh adalah vitamin B, C, dan D. Kebutuhan vitamin dapat terpenuhi dengan mengonsumsi sumplemen ataupun buah dan sayuran. Vitamin D yang biasa kita dapatkan melalui sinar matahari, dapat diganti dengan mengonsumsi ikan, jamur, kuning telur, dan susu.

2. Lindungi diri dan keluarga dari nyamuk. Untuk mencegah penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) dan Malaria saat musim hujan, kuras tempat penampungan air dan periksa genangan air yang tidak mengalir karena tempat tersebut menjadi sarang jentik nyamuk. Selain itu, gunakan lotion atau spray anti nyamuk dan jaga kebersihan lingkungan sekitar rumah.

3. Menjaga pola makan. Musim hujan dapat menyebabkan peningkatan nafsu makan akibat udara yang dingin. Namun, usahakan agar makan sesuai porsinya dan teratur. Makan dengan porsi berlebih dapat menyebabkan masalah kesehatan.

4. Lakukan olahraga di rumah. Menjaga kesehatan melalui olahraga tetap harus dilakukan untuk meningkatkan imunitas tubuh. Lakukan olahraga seperti push up, sit up, senam lantai/aerobik, skipping, dan olahraga lain yang tidak memerlukan ruang yang luas dan terbuka.

5. Menjaga kebersihan tangan. Udara yang lembab dapat menyebabkan bakteri berkembang lebih aktif pada musim hujan. Jaga kebersihan tangan dengan mencuci tangan pada air yang mengalir atau menggunakan handsanitizer sebelum makan, menyentuh area wajah, dan setelah menyentuh benda dari luar.

6. Tetap berada dirumah dan update. Untuk menghindari penyakit akibat terpapar virus Covid-19 dan air hujan, usahakan untuk tetap berada dirumah apabila tidak ada urusan yang mendesak. Selain itu, tetap pantau berita mengenai ramalan cuaca dan Covid-19 melalui media informasi yang tersedia di rumah.

Categories
Update Berita

Strategi BI Agar UMKM Naik Kelas: Peningkatan Kapasitas hingga Akses Pembiayaan

Bank Indonesia (BI) ikut berupaya mempercepat UMKM merambah digital dan mudah mendapatkan akses pembiayaan. Keinginan tersebut dianggap bisa membuat pelaku usaha tersebut cepat naik kelas.

Direktur Departemen Pengembangan UMKM dan Perlindungan Konsumen BI, Bandoe Widiarto, mengatakan strategi yang dilakukan salah satunya adalah peningkatan kapasitas melalui pelatihan. Ia merasa hal itu bisa mempercepat usaha ultra mikro menuju mikro, mikro menuju kecil, dan seterusnya.

“Program apa yang kita lakukan tentunya di situ on boarding UMKM sangat penting, kita ada program mulai basic sampai intermediete. Ini tentunya bekerja sama juga dengan berbagai pihak tujuannya supaya mereka bisa menyesuaikan dengan kondisi digitalisasi,” kata Bandoe saat webinar yang digelar KoinWorks, Kamis (3/12).

Bandoe mengatakan dengan sudah merambah akses digital, maka UMKM bisa menjangkau marketplace. Pelatihan yang digelar BI akan diikuti dengan pendampingan agar upaya tersebut maksimal.

“Dia juga kualitasnya semakin bagus dengan program kurasi dan yang penting lagi dikapasitas itu kita menekankan pentingnya mentoring sama pendampingan. UMKM tidak akan bisa maksimal ketika hanya dilatih, UMKM perlu ada pendampingan,” ujarnya.

Bandoe mengungkapkan langkah berikutnya adalah membantu menghubungkan ke akses pembiayaan. Ia merasa sudah banyak pembiayaan yang disediakan untuk UMKM. Namun, sumber pembiayaan tersebut harus diatur baik-baik khususnya sesuai kebutuhan UMKM.

“Nah pembiayaan itu bagaimana kita bisa mencomblangin atau mematchingkan antara kebutuhan UMKM dan lembaga keuangan. Kita tahu bahwa sumber-sumber pembiayaan banyak di Indonesia mulai dari yang sifatnya dana murah, sampai dana komersial. Ada CSR, ada bergulir dan lainnya,” katanya.

“Tapi di sini yang paling penting adalah bagaimana supaya skema-skema yang ada cocok dari kebutuhan masyarakat atau UMKM supaya tidak terjadi tumpang tindih,” kata dia menambahkan.Bandoe menuturkan strategi berikutnya menggabungkan UMKM yang sejenis baik dari jenis usahanya maupun berdasarkan lokasinya. Ia merasa dengan bergabungnya UMKM seperti itu akan membuat kinerjanya lebih efisien.

“Di situ menjadi titik lemah yang harus kita perbaiki karena dengan UMKM itu sendiri-sendiri, tidak berkelompok, tentunya lembaga keuangan akan menganggap ini tidak layak dibiayai karena ada risiko. Nah di situlah akan ada program untuk pemberdayaan kelompok,” tutur Bandoe.

Categories
Update Berita

Tiga Tips agar UKM Lebih Mudah Dapat Pinjaman Saat Pandemi

Sebagian besar UMKM mengajukan pinjaman ke perbankan agar bertahan di tengah pandemi. Setidaknya ada tiga tips agar UKM lebih mudah mendapat kredit.

Permodalan menjadi salah satu kendala bagi para Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) untuk bertahan di tengah pandemi corona. Ada tiga tips agar pelaku usaha lebih mudah mendapatkan kredit.

Pertama, berjualan secara online dan offline (O2O). UMKM bisa menggabungkan data-data penjualan secara offline dan online. Perbankan memang memperhatikan ada tidaknya penurunan penjualan selama pandemi virus corona. Meski begitu, data-data itu setidaknya bisa meyakinkan perbankan terkait besaran pinjaman yang akan diberikan.

Kedua, menjaga reputasi penjualan.

Dari sini, mereka kemudian mendapatkan pinjaman lebih mudah dan cepat. Dan ketiga, UKM yang bergerak di sektor kuliner bisa bergabung dengan penyedia pesan-antar makanan seperti Gojek dan Grab. Sebab, pelaku usaha akan memiliki jejak digital (digital footprint) yang dapat memudahkan perusahaan pembiayaan membaca karakteristik usaha calon peminjam.

Nah, bicara pembiayaan untuk UKM Bank GAR menyediakan kredit buat para UKM di Yogyakarta. Untuk platform-nya mulai Rp5juta sampai Rp700 juta rupiah. Untuk proses pengajuan bisa langsung menghubungi kontak WA Center Bank GAR di 0813 8032 7899. Jadi tunggu apalagi segera hubungin Bank GAR.

Categories
Update Berita

Inilah Keuntungan Inklusi Keuangan

Sebelum membahas apa saja hal yang dapat dilakukan untuk membantu meningkatkan inklusi keuangan di Indonesia, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu keuntungan dari inklusi keuangan:

  1. Dapat meningkatkan efisiensi ekonomi
  2. Mendukung kestabilan pada sistem keuangan
  3. Mengurangi shadow banking atau irresponsible finance
  4. Mendukung pendalaman pasar keuangan
  5. Memberikan potensi pasar baru bagi perbankan
  6. Mendukung peningkatan Human Development Index (HDI) Indonesia
  7. Berkontribusi positif terhadap pertumbuhan ekonomi lokal dan nasional yang sustain dan berkelanjutan
  8. Mengurangi kesenjangan dan rigiditas low income trap sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang pada akhirnya berujung pada penurunan tingkat kemiskinan

Nah, itulah beberapa keuntungan yang dapat dirasakan dari inklusi keuangan.

Categories
Update Berita

BPR GAR Masuk Pasar Tradisional Gelar Inklusi Keuangan di Sleman

Yogyakarta-PT BPR Gampingartha Raya yang dikenal dengan nama Bank GAR berkantor di Ruko Godean Square, Jalan Godean, Yogyakarta mengelar kegiatan inklusi keuangan di salah satu pasar tradisional yang ada di Sleman, Yogyakarta.

Menurut Mularsih, Kabag Kredit, kegiatan yang di otorisasi oleh Otoritas Jasa Keungan( OJK) ini sangat bermanfaat dalam memberikan pemahaman tentang keuangan kepada masyarakat. Bank GAR sebagai bank yang tumbuh positif menyambut antusias regulasi tersebut dengan menggelar kegiatan inklusi keuangan di pasar tradisonal di Yogyakarta.

Diakuinya kegiatan ini disambut antusias oleh para pedagang. Terbukti dengan banyaknya pedagang yang terjaring menjadi nasabah Bank GAR.

Dalam kesempatan itu, Bank GAR juga juga memperkenalkan  Tabungan Tamasya Plus yang memiliki banyak keuntungan. Salah satunya nasabah berhak mendapatkan hadiah-hadiah menarik mulai dari mobil, motor, perlengkapan rumah tangga hingga handphone.

Kedepan, Bank GAR akan secara intens untuk memberikan inklusi keuangan di pasar tradisional lainnya yang berada di Yogyakarta.