October 28, 2020

Bisnis Lesu Di Masa Pandemi ini? Yuk Intip Tipsnya

Yogyakarta–Pandemi virus corona (Covid-19) berdampak pada berbagai sektor kehidupan, tak terkecuali dunia kerja dan perekonomian. Angka pengangguran pun meningkat saat pandemi mengingat banyaknya perusahaan yang melakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK).

Hingga April 2020 saja, Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) mencatat ada 1,5 juta pekerja terdampak pandemi COVID-19. Sekitar 10 persen dari 1,5 juta pekerja tersebut terkena PHK dan 90 persen dirumahkan.

Sedangkan data dari Kamar Dagang Industri (Kadin) menunjukkan angka lebih besar. Hingga bulan Mei 2020, sebanyak 6 juta pekerja di Indonesia sudah terkena PHK dan dirumahkan karena banyak perusahaan tidak memiliki cashflow yang normal.

Perinciannya: 2,1 juta pekerja korban PHK dari sektor industri tekstil, 1,4 juta pekerja transportasi darat, 400 ribu pekerja sektor mall, dan sisanya berasal dari beberapa sektor.

Di sisi lain, masa pandemi corona juga memberikan peluang bagi sejumlah jenis bisnis. Aktivitas perekonomian berbasis teknologi informasi atau daring (online) dinilai memainkan peranan penting dalam kondisi pandemi maupun setelahnya.

Peluang tersebut sangat terbuka mengingat aktivitas bekerja, belajar, dan beribadah dari rumah atau dikenal sebagai work from home (WFH) dijalankan semua orang dalam rangka menghindari infeksi virus corona.

Dalam artikel betajuk “Prospek bisnis daring di era pandemi COVID-19” yang dilansir Antaranews, dijelaskan bahwa ada banyak sektor bisnis menguntungkan yang tumbuh pada masa pandemi.

Sebagai contoh, platform kesehatan online menjadi semakin populer mengingat kebutuhan publik akan informasi medis dan konsultasi online dengan dokter meningkat. Sarana teknologi pendidikan pun dibutuhkan selama masa pandemi covid-19.

Selain itu, bisnis e-commerce juga menjadi kebutuhan utama publik dalam bertransaksi pada masa pandemi, mengingat jual-beli online marak dilakukan untuk meminimalisir kontak fisik. Transaksi jual-beli online ini juga turut mengerek aktivitas bisnis di sektor jasa pengiriman barang.

Masih banyak sektor usaha lain yang potensial untuk digarap pada masa pandemi. Jika anda ingin memulai bisnis pada masa pandemi, cobalah pertimbangkan hobi yang menghasilkan uang. Anda bisa memanfaatkan keterampilan yang selama ini dinilai positif oleh banyak orang, demikian saran dari Ross Kimbarovsky, CEO Crowdspring, seperti dilansir cnbc.com.

Selain itu, ciptakan identitas merek kuat, manfaatkan jejaring sosial untuk menjaring ide baru dan memberikan penawaran, serta berkomitmen untuk menindaklanjuti rencana yang sudah disusun.

Update Berita Lainnya

February 17, 2021
Gowes Bareng Karyawan Bank GAR di Masa Pandemi
February 17, 2021
Bank GAR Rayakan HUT ke-12 Tumbuh dan Berkembang di Masa Pandemi
February 17, 2021
Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Berhasil Memasarkan Produk Lokal
December 30, 2020
Lima Skill yang Dibutuhkan di Tahun 2021
December 29, 2020
Begini Cara Belanja Efektif dan Hemat Saat Pandemi Covid-19
December 7, 2020
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Penghujan Saat Pandemi