December 29, 2020

Begini Cara Belanja Efektif dan Hemat Saat Pandemi Covid-19

Pandemi Covid-19 yang melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia telah memengaruhi segala aspek kehidupan. Tidak hanya kesehatan dan ekonomi, tetapi juga perilaku masyarakat dalam berbelanja.

Dikutip dari Kontan.co.id, Selasa (14/4/2020), Investment Specialist Manulife Aset Manajemen Indonesia (MAMI) Dimas Ardinugraha mengatakan, adanya work from home (WFH) membuat pos pengeluaran berkurang, salah satunya dana transportasi. Kemudian, ditambah adanya kelebihan waktu, pengelolaan uang secara tidak baik dapat membuat orang lebih konsumtif, misalnya saja pembelian barang-barang yang bukan kebutuhan utama.

Untuk itu, Dimas pun menyarankan setiap orang agar memikirkan apa yang terjadi dengan keuangan keluarga pascapandemi dan mengatur lagi dana darurat.

Senada dengan Dimas, financial planner Finansialku.com Widya Yuliarti seperti dilansir Kompas.com, Selasa (31/3/2020) menyarankan, agar mendahulukan kebutuhan dasar selama wabah penyakit ini belum usai. Bahkan, dia juga menyarankan agar masyarakat sebaiknya mengurangi atau menghapus biaya entertainment dan belanja barang konsumtif.

Maka dari itu, pengelolaan keuangan sangat penting, terutama di tingkat rumah tangga. Pasalnya, Covid-19 sebagian besar berdampak pada ekonomi keluarga. Lantas, bagaimana caranya? Berikut beberapa cara mengatur alokasi belanja kebutuhan sehari-hari agar tetap efektif dan efisien pada masa pandemi Covid-19 dan adaptasi kebiasaan baru (AKB):

Atur Pola Makan

Belanja makanan jadi salah satu yang utama dalam pos pengeluaran. Dalam hal ini, cermati apa saja yang biasa dikonsumsi keluarga. Kenali pula porsi keluarga guna menentukan pengaturan jangka panjang.

Membeli makanan berlebih dan tidak dikonsumsi sama saja dengan pemborosan. Biasakan keluarga untuk mengonsumsi makanan sehat, seperti sayur dan buah.

Upaya menjaga kesehatan seperti ini sangat penting dilakukan di masa pandemi. Kurangi pula konsumsi jajanan makanan-minuman yang tidak terlalu penting, seperti kopi cantik.

Selain membantu upaya berhemat, cara ini menjadi langkah hidup sehat karena terhindar dari konsumsi gula atau karbohidrat berlebih.

Sisihkan Dana Darurat

Setelah belanja utama terpenuhi, cara berhemat yang tidak bisa ditawar adalah menabung atau menyisihkan dana darurat. Dana itu berguna apabila sewaktu-waktu dampak pandemi memengaruhi penghasilan.

Apalagi, tidak ada yang tahu kapan situasi di luar normal seperti sekarang ini akan berakhir. Salah satu metode menabung yang bisa dicoba adalah Kakeibo ala Jepang.

Dengan metode ini, bapak atau ibu rumah tangga menulis buku rumah tangga. Di dalamnya, terdapat empat poin penting, yaitu berapa banyak uang yang dipunya, berapa yang ingin ditabung, berapa pengeluaran hari ini, dan bagaimana cara mengimprovisasi keuangan.

Manfaatkan Promo

Transaksi digital juga efektif untuk mencari promo menarik, sehingga menjadi alternatif belanja hemat keluarga. ShopeePay, misalnya, memiliki campaign melalui kerja sama dengan partner yang dapat berbuah promo atau cashback. Seperti dilaporkan Kompas.com, Rabu (3/6/2020), Marketing Manager ShopeePay Cindy Candiawan mengatakan, langkah ini merupakan upaya ShopeePay untuk menciptakan efektivitas dan kemudahan saat bertransaksi pemesanan kebutuhan sehari-hari. “Ini juga merupakan andil dalam menghindari kontak fisik dengan pembayaran tunai, guna menekan penyebaran Covid-19,” imbuh dia.

Update Berita Lainnya

February 17, 2021
Gowes Bareng Karyawan Bank GAR di Masa Pandemi
February 17, 2021
Bank GAR Rayakan HUT ke-12 Tumbuh dan Berkembang di Masa Pandemi
February 17, 2021
Perhatikan Hal Ini Jika Ingin Berhasil Memasarkan Produk Lokal
December 30, 2020
Lima Skill yang Dibutuhkan di Tahun 2021
December 29, 2020
Begini Cara Belanja Efektif dan Hemat Saat Pandemi Covid-19
December 7, 2020
Tips Menjaga Kesehatan Tubuh di Musim Penghujan Saat Pandemi